Situs Batu Dakon yang ada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur yang Layak Dijelajahi

Juru Pelihara : SUNARTO (Situs Batu Dakon)

 

  • Seorang Juru Pelihara Cagar Budaya menjaga 2 Cagar Budaya

Diantaranya salah satu Benda Cagar Budaya Era Megalitikum di Dusun Dawuan, Desa Bayeman, Kecamatan  Arjasa Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur

 

  1. SITUS BATU DAKON  yang sudah di akui Trowulan (BPCB Jawa Timur) dengan ukuranpanjang 10 Cm, lebar 10 m, tinggi 2,75m ketinggian 42 mdpl Koodinat 07?54’26’’ Lsdan 114?17?23,2000 BT bahan batu cadas
  2. SITUS BATU WAYANG yang belum diakui Trowulan dengan ukuran: panjang 2,55 Mtr, Tebal Situs 45 Cm, Tinggi Situs 170 Cm bahan batu cadas.

Menurut  penuturan Juru Pelihara (JUPEL) situs, Sunarto awalnya Juru Pelihara Honorer dari Situbondo, Padahal ada lebih dari ratusan Benda Cagar Budaya dan Bangunan.

Selama ratusan tahun orang tak menyangka jika di bukti kecil itu ada lubang-lubang Kebudayaan Kabupaten Situbondo hanya ada 5 Juru Pelihara yang merupakan Pegawai Pusat dan Cagar Budaya di Situbondo.

Cgar Budaya situs Batu Dakon di Dusun Krajan, Desa Bayeman, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo sudah ditetapkan BPCB sebagai situs cagar budaya beberapa berupa lingkaran dari ukuran kecil, sedang dan besar Mirip lubang dakon.

Taktahunya ketika tergerus hujan tampak bagian cadas yang datar dengan lubang-lubang yang terbentuk rapi dengan ukuran berbeda. Akhirnya warga beramai-ramai menggali dan membersihkan tanah di lokasi itu hingga Pemerintah melakukan penelitian” terang Sunarto sebagai Juru Pelihara (JUPEL) Batu Dakon.

Situs  Batu Dakon yang ada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur yang Layak Dijelajahi