LEGENDA SITUS RENGGANIS

 Juru Pelihara : DIMAN

 

  • Rengganis adalah nama salah satu puncak di Argopuro dari tiga puncak yaitu puncak Rengganis , puncak Argopuro dan puncak Arca. Kisah Dewi Rengganis sangat melengenda apalagi dengan adanya kawasan puncak yang dipenuhi situs – situs seperti kerajaan. Ini yang menjadikan Gunung Argopuro adalah tempat Situs purbakala tertinggi di Jawa.
  • Rengganis adalah seorang Putri dijaman Kerajaan Majapahit. Beberapa kisah legenda Dewi Rengganis mendiami Puncak Gunung Argopuro berbeda dari mulut ke mulut dan diceritakan dalam berbagai versi yang menceritakan bagaimana Dewi Rengganis bisa menempati Gunung Argopuro.
  • Keberadaan Dewi Rengganis sebagai putri Selir dari Prabu Brawijaya tidak diakui saat Dewasa, dia didampingi Patih dan pengikutnya yang setia melarikan diri dan mendirikan Keraton di Puncak Argopuro
  • Dewi Rengganis yang tidak di akui keberadaannya suatu hari diajak ke Puncak Gunung Argopuro , lalu ditinggalkan disana. Akhirnya ditemukan seorang Petapa yang merawat dan mengajari  Ilmu hingga Dewasa dan membuat keraton diatas puncak.

LEGENDA SITUS RENGGANIS